Senin, 13 Agustus 2012

PANTAI CIBUAYA DAN BATU BESAR

          Daerah Ujung Genteng dan Pangumbahan merupakan andalan wisata kota sukabumi. Meskipun namanya belum sepopuler Bali dan Lombok. Namun, kedua daerah ini mampu menawarkan keindahan tersendiri yang menjanjikan sebagai tempat wisata yang menarik. Ujung Genteng dan Pangumbahan berada di wilayah pesisir pantai selatan Jawa Barat yang berlokasi di kecamatan Ciracap, Sukabumi. Ciracap menawarkan jejeran pantai yang indah, disana juga terdapat penangkaran penyu yang tidak bisa dilewatkan.

            Perjalanan  yang harus ditempuh sangat menguras tenaga karena akses yang masih sulit dan lokasi yang lumayan jauh. So, sangat disarankan jika ingin mengunjungi tempat ini sebaiknya dilengkapi dengan informasi agar mengenal terlebih dahulu medan perjalanan. Selain itu, kondisi badan yang fit dan kondisi kendaraan yang harus stamina juga perlu disiapkan.


Rute perjalanan yang ditempuh sedikit berat karena kondisi jalan yang sebagian jelek dan naik-turun. Untuk mencapai Ciracap, dari kecamatan Surade bisa ditempuh sekitar 35 kilometer, sedangkan dari kota Sukabumi perjalanannya sekitar 145 kilometer. Jika berangkat dari Bandung, bisa menuju Surade, Jampang, Sukabumi Selatan. Dari bandung jalannya cukup mulus dan lebar. Selepas kota sukabumi, jalannya sempit dan rusak, naik-turun, dan berkelok-kelok melewati hutan dan kebun teh. Untuk masalah akses kendaraan umum, bisa menggunakan bus mikro jurusan Sukabumi-Surade, dari Terminal Surade bisa menggunakan angkot atau jasa ojek yang bisa mengantar sampai ke Ujung Genteng dan Pangumbahan. Jangan lupa untuk menyiapkan mata karena pada perjalanan ini mata kita akan disuguhkan pemandangan yang cantik luar biasa. Dari jalan berkelok-kelok menuju ujung genteng terdapat banyak perkebunan kelapa. Jalan yang naik turun dan berkelok-kelok memberikan sensasi tersendiri. Ketika berada dijalan yang lebih tinggi dari sana kita dapat melihat pantai yang jauh di ujung yang seperti dibuat melayang dan bersatu dengan langit biru dan di depannya tersusun garda depan berupa pohon-pohon kelapa yang tinggi.


         Pantai Cibuaya dan Batu Nunggul merupakan salah satu spot terbaik dari wisata Pangumbahan selain pantai muara dan pantai pangumbahan sendiri. Cibuaya berasal dari kata buaya yang menurut masyarakat setempat disebabkan pada zaman dahulu terdapat banyak buaya disini. Di pantai cibuaya ini kita mendapati pantai dengan beberapa perahu nelayan. Garis pantai Cibuaya agak cekung dan pesisirnya dilindungi karang besar sehingga tepi pantainya tidak langsung terkena ombak besar. Oleh karena itu di pantai ini juga banyak yang menyempatkan diri untuk berenang karena ombak pantai yang cenderung lebih tenang dan tidak sebesar pantai-pantai di sekitarnya. Di pantai cibuaya ini juga ditawarkan ‘akuarium alami’. Di pantai yang jernih ini dapat dinikmati pemandangan bawah air, melihat liukan-liukan ikan dan hewan laut lainnya diantara batu karang misalnya dengan menggunakan alat snorkling. Pantai Cibuaya juga menawarkan pesona pasir besar yang terdiri dari karang dan kerang. Disini pun terdapat pasar ikan yang biasanya buka di pagi hari. Jika tidak mau repot-repot membeli ikan dan membakarnya sendiri di sekitar pantai ini pun terdapat banyak rumah makan seafood yang menyuguhkan makanan laut yang lezat dan pas di kantong. Selain itu, losmen dan vila banyak disewakan di sini mulai budget ala backpacker sampai ala koper.
    
Lantai Pantai Cibuaya lain Pantai Batu Besar. Pantai Batu Besar terletak satu garis pantai tepat setelah pantai cibuaya dengan jarak sekitar 2 kilometer. Pantai ini merupakan surga para peselancar karena ombak yang besar dan panjang. Nama batu besar sendiri diambil karena terdapat batu besar yang tidak gempar ditempa ombak besar pantai selatan sepanjang hari. Bagi para pecinta olahraga surfing, pantai batu besar ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk memuaskan diri. Maka tak heran pantai ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin surfing bahkan sampai wisatawan mancanegara pun tak segan-segan mencicipi ombaknya yang ideal yang digunakan untuk berselancar. Tak ketinggalan juga, pemandangan yang indah pun ikut membuat pantai ini semakin alami dan luar biasa untuk dinikmati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar