Senin, 13 Agustus 2012

Wisata Ujung Gentang

Daerah Ujung Genteng terdapat di sebelah timur daerah wisata Pangumbahan. Di daerah ini terdapat garis pantai yang panjang. Pasir putih dan kapal nelayan yang bersandar di pantai ditambah dengan deburan ombak merupakan pemandangan khas dari Pantai Ujung Genteng yang indah. Akomodasi seperti penginapan jumlahnya sangat banyak di daerah ini. Mulai dari penginapan sederhana yang hanya terdiri dari kamar tidur dan kamar mandi sampai seperti rumah yang terdiri dari kamar tidur, kamar mandi dan dapur kecil. Keunggulan penginapan di daerah ini adalah  sebagian besar penginapan terdapat di depan pantai sehingga keindahan pantai Ujung Genteng dapat langsung terlihat dari tempat menginap.


Jika membawa kendaraan sendiri ke daerah ini harus ekstra hati-hati karena sebagian akses jalan tertutup pasir pantai dan banyak jalan yang rusak sehingga rawan kecelakaan. Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi dapat mencapai Pantai Ujung Genteng dengan menggunakan angkot. Bila terus berjalan ke arah timur, di ujung jalan terdapat TPI (tempat penjualan ikan) yang menjual berbagai macam jenis ikan laut yang segar. Mulai dari ikan tuna, cumi, udang, bawal, salmon hingga ikan hiu tersedia mulai harga Rp 20.000 hingga Rp 50.000 per kilogram.

Di sebelah kanan dari TPI terdapat sebuah hutan kecil milik TNI-AU yang dapat dikunjungi. Hanya dengan membayar Rp 5.000 kita dapat merasakan udara sejuk seperti di daerah pegunungan yang sangat kontras dengan wilayah pantai yang terbilang panas. Hanya di daerah Ujung Genteng terdapat hutan yang bersebelahan dengan pantai. Hal ini merupakan daya tarik tersendiri dari Ujung Genteng yang istimewa. Di dalam hutan yang masih dipakai oleh pihak TNI-AU untuk latihan survival bagi prajuritnya ini terdapat sebuah mercusuar yang masih aktif. Mercusuar yang dibangun tahun 2006 ini berada di bawah pengawasan dari Departemen Perhubungan yang terletak di Jakarta. Dari atas mercusuar ini pemandangan hijau asri hutan dan birunya laut terlihat lebih indah.


Wisata di daerah Hutan Wisata Ujung Genteng tak berakhir di Mercusuar. Di dalam terdapat pula wisata sejarah berupa bunker peninggalan Belanda dan bangunan bekas radar milik TNI AL. Sementara itu wisata alam lain yaitu pantai ujung yang paling ujung dari Ujung Genteng juga terdapat di wilayah ini.Untuk kamu yang menyukai keindahan pantai sekaligus wisata sejarah, Ujung Genteng merupakan tempat yang baik dan nyaman untuk dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar